Tentang Desa Tanggulrejo


Desa Tanggulrejo Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik merupakan Desa perbatasan antara wilayah Kabupaten Gresik dan Kabupaten Lamongan, yang terletak 15 Km di sebelah barat kota Gresik dan berada 10 Km arah barat dari ibu kota Kecamatan Manyar.
Desa Tanggulrejo Memiliki luas wilayah sebesar kurang lebih 184 Ha dengan batas wilayah antara lain.

Desa Semi Perkotaan


Dikatakan Desa semi perkotaan karena kultur dan lingkungan sosial yang berkembang saat ini banyak dipengaruhi oleh budaya kota, yang mana budaya ini banyak dipengaruhi oleh mata pencaharian warga Desa yang semula Sembilan puluh persen bekerja sebagai petani, sekarang telah bergeser bekerja sebagai pegawai perkantoran maupun pegawai pabrikan yang jumlahnya hampir mencapai seperempat penduduk usia produktif desa.

Nuansa-nuansa lingkungan pedesaan sudah sulit dijumpai di Desa Tanggulrejo ini, kecuali di area di mana banyak tinggal penduduk Desa yang masih bertahan menjadi petani, dan melakukan usaha pertanian tambak ikan. Mereka para petani warga desa Tanggulrejo masih memegang teguh budaya-budaya sosial perdesaan dan budaya keagamaan yang telah terpelihara secara turun temurun.

Mayoritas Usaha Desa


Pemilihan jenis usaha pertanian di Desa tanggulrejo yang berupa tambak ikan karena dipengaruhi oleh letak geografis Desa yang berdekatan dengan lautan, di mana keberadaan air tawar sulit didapat didapat pada saat musim tanam tiba, yang ada hanya air payau yang didapat dari kali-kali air hujan berbarengan dengan air laut rob masuk ke kali-kali desa.

Adapun Jenis ikan hasil komoditi pertanian masyarakat Desa tanggulrejo berupa bibit tokolan ikan bandeng, nila dan udang vanami, yang penjualannya tidak hanya di sekitar desa, melainkan meluas sampai ke luar Propinsi Jawa timur.