Bantuan Pupuk Nitrea Non Subsidi Diberikan untuk Meningkatkan Produktivitas Budidaya Ikan di Desa Tanggulrejo

Bantuan Pupuk Nitrea Non Subsidi Diberikan untuk Meningkatkan Produktivitas Budidaya Ikan di Desa Tanggulrejo


392, Wartawan Desa   06 Oktober 2023
392, Wartawan Desa   06 Oktober 2023

Tanggulrejo, 6 Oktober 2023 - Desa Tanggulrejo, Kabupaten Gresik, menerima bantuan pupuk Nitrea non-subsidi sebanyak 1.500 kilogram dalam upaya meningkatkan produktivitas budidaya ikan. Bantuan tersebut disalurkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan dan diberikan kepada tiga Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) yang beroperasi di desa ini.

Total bantuan pupuk Nitrea sebanyak 1.500 kilogram tersebut dibagi rata antara tiga Pokdakan yang berada di Desa Tanggulrejo, yaitu Pokdakan Tanggulrejo Utara 500 kilogram, Pokdakan Tanggulrejo Selatan 500 kilogram, dan Pokdakan Tanggulrejo Dagang 500 kilogram. Setiap anggota dari Pokdakan ini akan menerima 20 kilogram pupuk Nitrea sebagai bagian dari program bantuan.

Penyaluran bantuan ini berlangsung pada tanggal 4 dan 5 Oktober 2023, mulai pukul 13.00, di Balai Desa Tanggulrejo. Selain bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, terdapat juga bantuan pupuk Nitrea yang disalurkan melalui Dana Desa kepada warga desa yang aktif dalam budidaya ikan, terlepas dari keanggotaan Pokdakan. Syaratnya adalah mereka harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan dan berhak menerima bantuan sebanyak 20 kilogram.

Aturan distribusi pupuk Nitrea ini akan diatur sesuai dengan kebijakan dan regulasi yang berlaku di masing-masing kelompok Pokdakan. Namun, seluruh proses penyaluran ini tetap mendapatkan pengawasan dan pengawalan dari Dinas Perikanan Kabupaten Gresik untuk memastikan bahwa bantuan tersebut tepat sasaran.

"supaya tidak terjadi kecemburuan di desa, bagi yang tidak ikut kelompok budidaya ikan, kita sediakan menggunakan dana desa. Hal ini untuk menanggulangi bagi orang-orang yang layak mendapatkan bantuan.  Bantuan pupuk dari dana desa ini, bisa dimasukkan dalam porsi 20% ketahanan pangan yang diwajibkan sesuai ketetapan hasil dari Musdes dan Musrenbang. Imbuh Pak Karim sebagai Kepala Desa.

Tujuan dari pemberian bantuan pupuk Nitrea ini adalah untuk meningkatkan produktivitas budidaya ikan di Desa Tanggulrejo. Diharapkan bahwa dengan adanya bantuan ini, petani ikan lokal akan mampu mengoptimalkan hasil produksi mereka dan memberikan kontribusi positif bagi sektor perikanan di wilayah tersebut.

Bagikan Artikel
Ayo Kirim Artikel Beritamu !

Bergabunglah bersama tim Berita Tanggulrejo dengan mengirim naskah berita yang kamu buat terkait informasi yang bermanfaat seputar Desa Tanggulrejo dan sekitarnya melalui: